• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

Akreditasi

Beberapa hari kebelakang sebagian sekolah swasta menjalani proses akreditasi oleh BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH,secara umum persiapan di sekolah-sekolah hampir dapat dikatakan cukup baik dengan kondisi sekolah swasta yang bervareasi.
Para asesor memberi apresiasi yang beragam tentang sekolah swasta yang menjadi binaan LEC Garut, walaupun untuk saat ini tidak seluruh SMP Swasta diakreditasi dimana hal tersebut menjadi energi baru untuk sekolah swasta. Akreditasi sekarang dilaksanakan bersamaaan dengan sekolah negeri.
Dari sekolah-sekolah yang diakreditasi ada beberapa temuan yang menjadi poin penting untuk perbaikan diantaranya :

1. Kurikulum dan Pembelajaran
Untuk memperbaiki proses pembelajaran sekolah agar mengadakan IHT bagi guru.
BK/Konselor harus memiliki buku yang mencatan perkembangan kepribadian siswa.
Dalam penyusunan KTSP sekolah harus menampilkan/memuat program unggulan sekolah.

2. Administrasi dan Manajemen sekolah/madrasah
Dalam program perencanaan jangka panjang menengah dan tahunan sekolah agar memberikan prioritas pada kegiatan yang terkait langsung dengan peningkatan mutu pendidikan.
Sekolah agar melaksanakan program pertemuan rutin/berkala setiap rumpun mata pelajaran dalam peningkatan proses pembelajaran (MGMP Sekolah).

3. Organisasi dan Kelembagaan
Sekolah harus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan lain diluar Kabupaten Garut dalam rangka pengembangan sekolah dimasa depan.

4. Sarana dan Prasarana
Pemerintah/Dinas Pendidikan Kabupaten Garut agar membantu sekolah untuk memiliki ruang perpustakaan, ruang laboratorium IPA dan ruang guru yang standar dan representatif dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan.
Agar sekolah dan yayasan serta komite sekolah berupaya untuk membangun wc guru dan siswa.

5. Ketenagaan
Pemerintah/Dinas Pendidikan Kabupaten Garut apabila ada pengangkatan tenaga kependidikan/guru dan tenaga ketatalaksanaan mohon ada perhatian khusus untuk sekolah swasta.
Sekolah agar mengikutsertakan pegawai tata laksana dalam pelatihan atau penataran ketatalaksanaan.

6. Pembiayaan dan Pendanaan
Pengelolaan keuangan sekolah yang sudah berjalan, agar diimbangi dengan pengadministrasian yang sesuai dengan pembiayaan dan pendanaan agar dapat dipertanggungjawabkan.
Kepada Pemerintah/Dinas Pendidikan Kabupaten Garut agar mengadakan pelatihan tentang pengelolaan dan pengadministrasian keuangan bagi para bendahara sekolah.

7. Peserta Didik
Rencana penerimaan siswa baru melalui informasi brosus, pamflet dsb, agar dicantumkan rencana jumlah rombongan belajar yang akan diterima dikelas I sesuai dengan kapasitas daya tampung sekolah.
Penanganan siswa yang bermasalah disekolah harus dilakukan secara proporsional terutama untuk menjatuhkan sanksi bagi siswa tersebut, lakukan penyelesaian masalah melalui konferensi kasus yang melibatkan unsur-unsur terkait disekolah tersebut.
Sekolah (OSIS) harus membuat catatan kegiatan siswa yang mengikuti perlombaan diluar lingkungan sekolah dalam satu buku khusus.

8. Peranserta Masyarakat
Hubungan kerjasama antara sekolah, yayasan dan komite sekolah agar lebih ditingkatkan sehingga terjalin komitmen dalam peningkatan kebutuhan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

9. Lingkungan dan Budaya sekolah/madrasah
Sekolah harus mampu menata lingkungan, keindahan, menata pot-pot bunga serta menempatkan papan nama sekolah yang strategis.
Sekolah, yayasan dan komite sekolah harus menjalin hubungan dengan alumni dalam bentuk wadah yang terorganisir sehingga perhatian dan partisipasi alumni yang telah berhasil dibidang sektor kehidupan terhadap alamamaternya dapat dirasakan oleh sekolah.

Untuk itu bagi para sekolah yang belum melakukan akreditasi uraian tersebut mungkin dapat menjadi bahan persiapan peningkatan mutu. Selamat berbakti.

»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: