• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

NUPTK

LEC Garut sebagai lembaga peningkatan mutu SMP Swasta khususnya sangat mendukung program NUPTK, karena hal tersebut merupakan penghargaan yang besar bagi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah nomor yang diberikan kepada setiap individu yang sedang bekerja sebagai pendidik dan tenaga kependidikan formal maupun non formal yang bersifat unik secara nasional.

Pendidik dan tenaga kependidikan yaitu :
Guru, Kepala Sekolah, Laboran, Pustakawan, Penjaga Sekolah, Tutor, Pengawas Sekolah, Instruktur Khusus, dsb bidang kependidikan.

Dalam rangka mendukung program Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) dalam memenuhi tuntutan UU SISDIKNAS NO.20 TH 2003 dan UU GURU DAN DOSEN NO.14 TH 2005 yaitu :
1. Pemberian tunjangn khusus bagi PTK
2. Melakukan Sertifikasi Guru
3. Memberikan Penghargaan Akhir masa Bakti
4. Memberikan beasiswa bagi anak guru berprestasi
5. Memberikan Peningkatan Mutu Pendidik
6. Program Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
7. Mendistribusikan dana blockgrant guru bantu, pengawas sekolah, blockgrant operasional pengawas sekolah
8. Pemberian tunjangan fungsional Guru non PNS
9. Pemberian Tunjangan Kelebihan Jam Mengajar
10. Peningkatan kualifikasi Guru dari D-4 ke S1

Maka sejak Desember 2006 dilakukan pendataan NUPTK kepada seluruh PTK (Negeri dan Swasta) di Indonesia melalui LPMP dan Dinas pendidikan Kabupaten/Kota.

Tahapan Pendataan NUPTK adalah :
1. Pengebaran instrumen profil NUPTK (5 lembar untuk masing-masing PTK) oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota. PTK mengisi profil NUPTK dengan lengkap di sekolah induknya.
2. Pengumpulan instrumen profil NUPTK
3. Pengentrian data ke program aplikasi SIMNUPTK
4. Pengiriman data ke LPMP
5. Validasi data di LPMP
6. Proses penomoran Ditjen PMPTK Jakarta.

Demi terealisasinya program tersebut dan juga untuk kepentingan para PTK, maka perlu dilakukan verifikasi data untuk memastikan bahwa PTK sudah terdata dalam data base dan sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). seluruh data harus diserahkan ke Ditjen PMPTK pada Bulan September 2007 untuk diberikan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Dikarenakan banyaknya Data yang belum masuk kami (LPMP) terima dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, maka Ditjen PMPTP memberikan waktu sampai dengan akhir Nopember 2007 untuk menyelesaikan data yang tersisa dan divalidasi di bulan Desember 2007.

Bagi PTK yang belum terdata, harus mengisi instrumen Profil NUPTK terlebih dahulu disertai keterangan mengajar dari pimpinan sekolah yang menjadi sekolah inti/induk ke Dinas Pendidikan kabupaten, kemudian dientri ke program SimNUPTK melalui Tim DataBase Dinas Pendidikan Kabupaten. Untuk diketahui bahwa Program Ditjen PMPTK akan segera direalisasikan pada Tahun 2008.

11 Tanggapan

  1. tolong carikan NUPTK atas nama Roni Saepul dari SDN Cihaurkuning 01 Kec. Cisompet Kab. Garut….!!
    terms banyak sebelumnya

  2. status pegawai dari NUPTK 7442763664200022 terdapat kesalahan pa, seharusnya NON PNS tapi data yang diterbitkan malah PNS, tolongin ya pak bagaimana cara memperbaikinya?
    kasi tau lewat Email saya u.idin73@yahoo.com
    terima kasih.

  3. mohon dicek nuptk atas nama mia rahmawati dari sdn sirnasari 2 samarang garut apakah sudah keluar…tolong jawabannya dikirim ke alamat Email arenham@gmail.com terimak kasih

  4. mohon dikirim nuptk atas nama riki munawar dari sdn neglasari iv kec. cisompet

  5. tolong berikan informasi tentang nuptk atas nama riki munawar dari sdn neglasari iv kec. cisompet

  6. Saya belum menerima NUPTK padahal berkas sudah dua kali dimasukan melalui UPTD Pendidikan Kecamatan Cikelet.Mohon dengan hormat dan dengan sangat secepatnya NUPTK milik saya sendiri diterbitkan.Kemungkinan tidak tertulisnya nama ibu saya,maka untuk kesekian kalinya saya tilis nama ibu adalah EEM.

  7. Tolong Nama pada NUPTK atas nama siti nurlaela dri SD N NEGLASARI 1 PAKENJENG-GARUT,Namanya perbaiki menjadi siti nurlela.tlong perbaiki scptnya.kalau sudak krm k email s_nurlaela@rocketmail.com. Mksh

  8. pengirim sma,n44 jakarta timur .mo nanya kekurangan apa udeh tiga kali kirim ko ditunda namanya kodirun mohon maaf kiranya klo lancang nanya.makasih

  9. kalau saya analisa Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang lolos kualifikasi dari apa…apakah yang disebutkan sebagai database guru..atau sertifikasi guru…atau sekedar mengurutkan daftar para pendidik diseluruh pelosok indonesia… kami sendiri bingung secara real-nya apa…!!
    kami kuatir ini hanya sebuah proyek pendidikan untuk memperkaya diri, yang melibatkan semua para pendidik yang tidak tahu apa-apa.
    tolong sosialisasikan nuptk agar tidak mengganggu aktifitas dan stabilisasi belajar mengajar.
    Kita sering menggonta-ganti sistem pendidikan tapi kita sendiri tidak mempertahankan sistem tersebut dan tidak pula mengembangkannya. kami hanya sekedar tenaga teknis yang hanya menunggu instruksi, tapi kami masih berharap semoga pendidikan kita semakin berkembang dan berkualitas, tidak hanya kulit-Nya saja. Terima Kasih

  10. mohon dicek kebenaran data yang diambil dari nuptk 5856758659200012 apakah benar tersebut atas nama Moh. Asra Abdillah, tolong dikirim ke Email saya : asra@yahoo.co.id
    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: