• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

Sekolah Efektif

David A. Squires, et.al. (1983) ciri-ciri sekolah efektif yaitu: 1.   adanya standar disiplin yang berlaku bagi kepala sekolah, guru, siswa, dan karyawan di   sekolah        2.   memiliki suatu keteraturan dalam rutinitas kegiatan di kelas;3.   mempunyai standar prestasi sekolah yang sangat tinggi; 4.   siswa diharapkan mampu mencapai tujuan yang telah direncanakan;5.   siswa diharapkan lulus dengan menguasai pengetahuan akademik; 6.   adanya penghargaan bagi siswa yang berprestasi;7.   siswa berpendapat kerja keras lebih penting dari pada faktor keberuntungan dalam meraih     prestasi;8.   para siswa diharapkan mempunyai tanggungjawab yang diakui secara umum; dan9.   kepala sekolah mempunyai program inservice, pengawasan, supervisi, serta menyediakan waktu untuk membuat rencana bersama-sama dengan para guru dan memungkinkan adanya umpan balik demi keberhasilan prestasi akademiknya.   Jaap Scheerens (1992)  sekolah yang efektif mempunyai lima ciri penting yaitu; (1)      kepemimpinan yang kuat; (2)      penekanan pada pencapaian kemampuan dasar; (3)      adanya lingkungan yang nyaman;  (4)      harapan yang tinggi pada prestasi siswa;  (5)      dan penilaian secara rutin mengenai program yang dibuat siswa.      Mackenzie (1983)mengidentifikasikan tiga dimensi pendidikan efektif yaitu kepemimpinan, keefektifan dan efisiensi serta unsur pokok dan penunjang masing-masing dimensi tersebut. Edmons (1979) lima karakteristik sekolah efektif yaitu : 1.    kepemimpinan dan perhatian kepala sekolah terhadap kualitas pengajaran, 2.    pemahaman yang mendalam terhadap pengajaran,  3.    iklim yang nyaman dan tertib bagi berlangsungnya pengajaran dan pembelajaran,  4.    harapan bahwa semua siswa minimal akan menguasai ilmu pengetahuan tertentu, dan 5.    penilaian siswa yang didasarkan pada hasil pengukuran hasil belajar siswa.  Pengetahuan lain mengenai sekolah efektif adalah sebagai berikut : (1)     mampu mendemontrasikan kebolehannya mengenai seperangkat kriteria ;(2)     menetapkan sasaran yang jelas dan upaya untuk mencapainya; (3)     adanya kepemimpinan yang kuat ; (4)     adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan orangtua siswa; dan (5)     pengembangan staf dan iklim sekolah yang kondusif untuk belajar  (Townsend, 1994).  mengidentifikasikan sekolah yang efektif adalah :  1.    penggunaan standar tes,   2.    pendekatan reputasi, dan   3.    penggunaan evaluasi sekolah serta pengembangan berbagai aktifitas.

4 Tanggapan

  1. konsep sekolah efektif tersebut berarti bukan hanya sekolah yang ber RSBI tetapi sekolah yang mempunyai komitmen,
    NB. Saya sangat mengharafkan tulisan2 tentang sekolah efektif karena sementara menulis tugas akhir tentang itu….

  2. […] lecgarut.wordpress.com […]

  3. artikel sekolah efektif merupakan konsep keselaran SNP dengan MBS yang seharusnya sudah dicangkan di sekolah2 di Indonesia dengan suport anggaran 20% pendidikan. Bgmn Implentasinya biar KPK yang ngawasin deh.
    Bagus artkl, sy setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: