• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

Konsep Education Centre

1.        Konsep Local Education Centre (LEC)

Menurut Merill dan Drob (Mudhoffir,  1992: 8) mendefinisikan yang dimaksud dengan pusat sumber belajar atau LEC ialah : ”an organized activity consisting of a director, staffand edquipment housed in one or more specialized facilities for production, procurement and presentation of instructional material and provision of developmental and plaing services realited to the curriculum and teaching on general university, campus”.

Menurut Tucker (1979) sebagaimana dikutif  Mudhoffir,(1992 : 13) mendefinisikan pusat sumber belajar atau LEC dengan istilah media center, yaitu:

Suatu departemen yang memberikan fasilitas pendidikan, latihan, dan pengenalan melalui produksi bahan media (seperti slide, transparansi, overhead, film strip, videotape, film 16 mm, dan lain-lain) dan pemberian pelayanan penunjang (seperti sirkulasi peralatan audiovisual, penyajian program-program video, pembuatan catalog, dan pemamfaatan pelayanan sumber-sumber belajar pada perpustakaan.

Sementara menurut H. Mastjik (buku pedoman penyelenggaraan LEC, 2004 : 3) Memberikan definisi pusat sumber belajar atau LEC adalah sarana pusat kegiatan layanan jasa  berupa jasa pelatihan yang meliputi ; peningkatan profesi pendidik, pemantapan kelembagaan, kemasyarakatan dan layanan jasa bisnis meliputi penyewaan fasilitas dan pemantapan SDM.

Menurut pendapat penulis sendiri LEC adalah sebagai lembaga near laba yang didirikan oleh Pemerintah Pusat untuk meningkatkan professionalisme Guru. 

2.        Tujuan dan Fungsi Local Education Centre

Menurut Mudhoffir, (1992: 10) Local Educational Centre memiliki dua tujuan, yaitu : umum dan khusus.

Tujuan umum adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar-mengajar melalui pengembangan system instruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menunjang kegiatan tradisional dan untuk mendorong penggunaan cara-cara yang baru (non tradisional ), yang paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional yang direncanakan lainnya.

Sedangkan tujuan khususnya antara lain:

(1)           Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional.

(2)           Mendorong penggunaan cara-cara baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional lainnya.

(3)           Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindak lanjut untuk pengembangan system instruksional.

(4)           Melaksanakan latihan untuk para tenaga pengajar mengenai pengembangan system instruksional dan intregasi teknologi dalam proses belajar-mengajar.

(5)           Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan .

(6)           Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber belajar dengan lebih efektif dan efisien.

(7)           Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran.

(8)           Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar.

(9)           Membantu mengembangkan standar penggunaan sumber-sumber belajar.

(10)        Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media dan peralatannya.

(11)        Menyediakan pelayanan evaluasi untuk membantu menentukan efektifitas berbagai cara pengajaran.

Menurut Mudhoffir. (1992: 12) Local Education Centre atau pusat sumber belajar setempat mempunyai fungsi dan kegiatan sebagai berikut :

a.        Fungsi Pengembangan Sistem Instruksional

Fungsi ini menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses  belajar  dan mengajar. Hal ini meliputi : (a) perencanaan kurikulum; (b) identifikasi pilihan program instruksional; (c) seleksi peralatan dan bahan; (d) penataran tentang pengembangan sistem instruksional bagi staf pengajar; (e) perencanaan program; (f) prosedur evaluasi dan (g) revisi program.

b.        Fungsi Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari orang sering memerlukan informasi, baik bentuk keperluan pribadi maup[un untuk keperluan usahanya. Ada beberapa macam sumber informasi, seperti pusat computer (puskom), bahan bacaan, radio, televisi, internet, perorangan, lembaga, dan sebagainya. Jika informasi yang diperlukan hanya sedikit dan juga memerlukannya juga sedikit, maka bahan informasinya dapat disimpan dalam satu file. Jika lebih banyak, maka perlu dibentuk perpustakaan lengkap dengan katalognya.

c.        Fungsi Pelayanan

Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar, meliputi : (a) sistem penggunaan media untuk kelompok besar; (b) sistim penggunaan media untuk kelompok kecil; (c) fasilitas dan program belajar sendiri; (d) pelayanan perpustakaan media/ bahan pengajaran; (e) pelayanan pemeliharaan dan penyampaian; (f) pelayanan pembelian bahan-bahan dan peralatan.

d.        Fungsi Produksi

Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi atau bahan instruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial, yang meliputi: (a) Penyiapan karya seni asli (original at work) untuk tujuan instruksional; (b) produksi  transparansi OHP; (c) produksi fotografi (slide, film strip, photo, dan lain-lain); (d) pelayanan reproduksi photografi; (e) pemograman, pengeditan, dan reproduksi rekaman pita suara; (f) pemograman, pemeliharaan, dan pengembangan sistem televisi di kampus.

Empat fungsi tersebut merupakan standar ideal dari lembaga Local Education Centre atau pusat sumber belajar dalam melakukan kegiatan- kegiatannya . Berjalannya LEC tergantung dari seberapa jauh tujuan program pengajaran, fasilitas dan peralatan yang dimiliki, staf dan personalia yang handal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: