• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

Profesionalisme Guru SMP Swasta

Tarik menarik antara keharusan peningkatan kompetensi professionalisme guru dengan tidak memadainya kesejahteraan guru, sampai saat ini masih merupakan bahan diskusi yang tidak habis-habisnya. Pandangan yang ideal mengenai professionalisme guru, direfleksikan dalam citra guru masa depan sebagaimana dikemukakan oleh Sudarminta (1990), sebagaimana yang dikutip Idochi (2003: 51) yaitu guru yang : (1) sadar dan tanggap akan perubahan zaman; (2) berkualifikasi professional; (3) rasional, demokratis dan berwawasan nasional; (4) bermoral tinggi, dan beriman.Sadar dan tanggap akan perubahan zaman artinya, pola tindak keguruannya tidak rutin, maju dalam penguasaan dasar keilmuan dan perangkap instrumennya. Jadi guru tersebut diharapkan menguasai daya foresight intellectual corisity, dan kemampuan berfikir lateral. Guru professional yaitu guru yang tahu mendalam tentang apa yang diajarkan, mampu mengajarkannya secara efektif, efisien, dan berkepribadian mantap. Guru yang bermoral tinggi dan beriman tingkah lakunya digerakkan oleh nilai-nilai luhur.Syah (1995) memperinci kompetensi professional guru kedalam tiga aspek, yaitu:(1) kompetensi kognitif; (2) kompetensi afektif; dan (3) kompetensi psikomotorik. Aspek pertama meliputi penguasaan terhadap pengetahuan kependidikan, pengetahuan materi bidang studi yang diajarkan, dan kemampuan mentransfer pengetahuan kepada siswa agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kompetensi kedua yaitu sikap dan perasaan diri yang berkaitan dengan profesi keguruan, yang meliputi self conceptafficacy attitude of self acceptance  dan pandangan seorang guru terhadap kualitas dirinya. Sedangkan aspek yang disebut terakhir-kompetensi psikomotorik meliputi kecakapan fisik umum dan khusus seperti ekspresi verbal dan non verbal. Johnson sebagaimana dikutip Sanusi dkk (1991) mengetengahkan tiga aspek performansi guru, yaitu:1.        Kemampuan professional yang mencakup: (1) penguasaan pelajaran yang terdiri atas penguasaan bahan yang harus diajarkan, dan konsep-konsep dasar keilmuan dari bahan yang diajarkan itu; (2) penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan; (3) penguasaan proses-proses kependidikan, keguruan dan pembelajaran siswa.2.        Kemampuan sosial mencakup kemampuan untuk menyesuaikan diri pada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar pada waktu membawakan tugasnya sebagai guru.3.        Kemampuan professional guru, mencakup: (1) penampilan sikap yang positif terhadap keseluruhan tugasnya sebagai guru, dan terhadap keseluruhan situasi pendidikan beserta unsur-unsurnya ; (2) pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai-nilai yang seyogyanya dianut oleh guru; (3) kepribadian, nilai, sikap hidup, penampilan upaya untuk menjadikan dirinya sebagai panutan dan teladan bagi para siswanya. Kompetensi Guru menurut RPP Guru (DEPDIKNAS : 2006) pasal empat menyatakan:Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan,keterampilan,dan  perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan keprofessiannya, meliputi : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional  yang diperoleh melalui pendidikan profesi .      Kompetensi pedagogik meliputi :  pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemamfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.Kompetensi Kepribadian, meliputi : mantap, stabil, dewasa, arif dan bijaksana, berwibawa, berakhlaq mulia, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri dan mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.Kompetensi professional merupakan kemampuan penguasaan materi   pelajaran secara luas dan mendalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: