• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

TIPS MEMPRAKTEKAN METODA MEGA BRAIN

  

          Perlu dijelaskan kepada anak, mengapa ia perlu mengingat sesuatu . karena orang dapat memiliki alasan yang baik bila memiliki ingatan yang baik. Harus dipastikan bahwa anak mengerti dan mengetahui sesuatu yang harus diingatnya agar lebih mudah.

 

          Doronglah anak untuk menggabungkan sebuah kata, gagasan, tanggal atau sesuatu yang lebih mudah dapat diingatnya, misalnya; untuk mengingat tanggal hari proklamasi, bisa dikaitkan dengan sesuatu hal yang berkaitan seperti ulang tahun adik tanggal 17 Agustus.

 

          Saat membaca, ajaklah anak untuk mencoba membayangkan dirinya ada ditempat yang ia baca, atau mintalah anak membayangkan dirinya benar-benar mengerjakan apa yang sedang ia baca. Coba libatkan anak pada imajinasi yang  sedang ia bangun dalam pikirannya.Jika anak sedang membaca tentang sejarah, misalnya perang pangeran diponegoro dengan Belanda, maka tempatkan anak anak dalam keadaan perang tersebut.Semakin baik  ia mengingat apa yang is baca. Atau dari pada menyuruh anak menghapal daging, wol dan gandum untuk hasil bumi untuk argentina yang memelihara ternak dan domba serta menjual hasil panen gandum.

 

          Anda bisa minta anak untuk menceritakan kembali materi penting yang harus ia ingat. Pengulangan kembali sangat baik untuk meningkatkan daya ingat.Lakukan tanya jawab santai sekitar 30 menit untuk mengetahui apakah anak masih mengingat materi . bila ingatannya  belum sempurna anda bisa menyegarkannya kembali.

 

          Pelajari setiap mata pelajaran satu persatu, jangan sekaligus dua atau tiga secara bersamaan, apalagi jika materinya hampir serupa, anak  bisa kesulitan mengingat akibat materinya saling campur aduk. Biarkan anak istirahat sebentar 5-10 menit ( untuk minum atau rileks ) setiap 15-20 menit waktu belajar, baru lanjut lagi sampai semua PR  dan materi selesai dikerjakan atau dihapal. Karena bila dibiarkan non-stop ( selama 1 jam ) justru kurang efektip untuk meningkatkan daya ingat.

 

          Gunakan berbagai pedoman ,misalnya; lagu, sajak, teka –teki  atau ungkapan-ungkapan untuk membantu anak mengingat sesuatu.

 

          Senantiasa doronglah anak agar selalu mengingat, semakin sering anak mencoba , semakin meningkat pula kemampuan ingatannya sejalan dengan waktu. Latihan yang sering akan membuat ingatan   anak semakin kuat.

 TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: