• Pilih Kategori :

  • Pos-pos Terbaru

  • LEC Garut CustomerCare : . . Konsultasi Pendidikan : . . Konsultasi SDM : . . Konsultasi Perpustakaan : . . Konsultasi TIK / IT : .
  • KIRIM TULISAN

profil LEC Garut

LEC Garut Sebagai Wisata Diklat
Pusat Sumber Belajar Setempat atau Local Education Centre (LEC) Garut mulai beroperasi pada bulan Januari 1999 berlokasi di Jalan Guntur Sari, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, berjarak 2 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Garut; berdekatan dengan Terminal Bis, Angkutan Kota dan Pasar Induk Guntur Kabupaten Garut dengan kondisi jalan yang sangat memadai; LEC Garut menjadi tempat yang sangat strategis karena sangat mudah untuk dijangkau oleh masyarakat yang jauh dari luar kota maupun dari dalam kota serta tidak terganggu oleh suara bising dari kendaraan maupun ramainya kegiatan keseharian yang terjadi di Pasar Induk maupun di terminal Guntur.

LEC Garut berlokasi di lingkungan yang asri dengan udara yang segar serta sejuk karena dibelakangnya terbentang hamparan sawah dan sungai Cimanuk yang mengalir tidak pernah kering; sehingga LEC Garut menjadi tempat yang sangat cocok untuk Pendidikan dan Pelatihan yang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi serta kegembiraan dan kemudahan; selain tempatnya yang sangat representatif LEC Garut memang berada di daerah tempat pariwisata, karena diantara andalan pengembangan Kabupaten Garut adalah wisata alam sehingga selain menikmati Wisma Pendidikan di LEC Garut, peserta dapat pula menikmati wisata alam yang ada di sekitar LEC Garut seperti permandian air panas, Situ Bagendit, Situ Cangkuang dan tempat – tempat rekreasi lainnya yang sangat menarik.

Organisasi LEC Garut terdiri dari :
Dewan Pembina (Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Bappeda Kabupaten Garut,BMPS dan Yayasan Setempat)

Dewan Manajemen (Perwakilan Ketua-ketua Yayasan Pendidikan se-Kabupaten Garut)

Unit Pelaksana LEC yang Kepalanya dipilih oleh Ketua-ketua Yayasan Pendidikan di kabupaten Garut yang berada di Dewan Manjemen LEC Garut.

Sekolah Binaan
Dasar pemikiran pendirian LEC pada awalnya adalah sebagai lembaga yang berfungsi untuk mengembangkan mutu SLTP Swasta yang mendapat bantuan dari ADB-LOAN 1359-INO, namun dalam perkembangannya meluas ke SLTP non ADB Loan 1359 INO bahkan sekarang telah pula mengembangkan keanggotaan ke MTs Swasta dan sekolah swasta pada umumnya seperti; MA, SMK, SMU Swasta. Adapun yang termasuk sekolah binaan LEC Garut yang disebut dengan Cluster School.

VISI
Sebagai Lembaga Diklat Profesional dan Terpercaya.

MISI
Mengadakan penelitian dan pengkajian-pengkajian yang mengarah kepada peningkatan SDM dan mutu Sekolah

Mengembangkan Sekolah Pangkalan menjadi LEC kecil untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembinaan meningkatkan mutu sekolah swasta.

Tempat kebersamaan antar sekolah swasta dari dan untuk swasta (SLTP, MTs, SMU, SMK, MA, SD, TK Swasta ) untuk meningkatkan mutu sekolah.

Mengembangkan Bisnis untuk menuju kemandirian dan memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai pihak

Mengembangkan lembaga penjamin mutu dan konsultasi pengembangan SDM

MOTTO
Efektif, Efisien, Ekonomis Dalam Bekerja

Tugas LEC :
Memperluas jangkauan pembinaan profesi Guru sekolah swasta

Meningkatkan Profesionalisme guru agar memberi kontribusi bagi peningkatan karir kesejahteraan dan tenaga kependidikan lainnya pada sekolah, Mutu tamatan sekolah, Efisiensi dan efektivitas pembinaan sekolah,

Menumbuhkan kebersamaan antara Satuan pendidikan sekolah swasta dalam mengembangkan pengelolaan sekolah swasta, Penyelenggara sekolah swasta dalam mengembangkan manajemen penyelenggaraan sekolah

Meningkatkan peran serta BMPS dalam mendayagunakan fasilitas sebagai sarana peningkatan mutu dan pembinaan anggota.

Menyediakan layanan kemasyarakatan

Fungsi LEC :, Sebagai wahana kegiatan :
a. Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan
b. Profesi bagi tenaga kependidikan
c. Pertemuan antar guru mata pelajaran sejenis
d. Pengembangan materi dan metodelogi pengajaran
e. Pengembangan manajemen
f. Pengelola sekolah swasta
g. Penyelenggara sekolah swasta
h. Kegiatan belajar mengajar bagi siswa
i. Kemasyarakatan seperti seni dan budaya daerah dll
j. Pengembangan usaha untuk menunjang program pendidikan

%d blogger menyukai ini: